Terpilih Jadi Danmenwa Mahabanten, Begini Kata Kasatpol PP Banten

Related

Share

Banten – Rapat Komando Daerah (Rakomda) VI Komando Resimen Mahasiswa Mahabanten Provinsi Banten yang diselenggarakan di Ruang Rapat Badan Kesbangpol Provinsi Banten pada hari Jum’at (02/04/2021) sukses diselenggarakan dengan tetap menetapkan protokol kesehatan.

Rakomda yang di gelar 3 Tahun ini menjadi program Tetap dan menjadi ajang untuk memilih Pemimpin Baru diorganisasi yang identik dengan Baret ungunya. Tidak hanya itu, Forum Rakomda ini merupakan forum tertinggi dan juga membahas pedoman organisasi dan program kerja untuk tiga tahun mendatang.

Kasatpol PP merupakan satu-satunya calon tunggal dalam Rakomda VI.

Dalam Rakomda tersebut hanya satu calon yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Banten Agus Supriyadi yang menjadi calon dan terpilih menjadi Komandan Resimen (Danmen) Mahasiswa Mahabanten Provinsi Banten untuk masa bakti 2021-2024 yang dipilih oleh para Komandan Batalyon (Danyon) dan Komandan Satuan (Dansat).

Dalam penyampaian visi dan misinya, Agus memaparkan bahwa Resimen Mahasiswa Mahabanten harus memiliki inovatif, disiplin, cakap, solutif, dan tangguh.

“Visi saya adalah Resimen Mahasiswa Mahabanten yang INDICASTA, yaitu Inovatif, Disiplin, Cakap, Solutif, dan Tangguh,” ujar Agus.

Lebih jauh Agus menuturkan, dari masing-masing unsur visi tersebut.

“Inovatif memberi arti Anggota Resimen Mahasiswa memiliki kemampuan pemikiran dan kemampuan imajinatif serta stimulan untuk menghasilkan hal baru,” Terang Agus.

Masih kata Agus menambahkan, Disiplin yaitu Anggota Resimen Mahasiswa memiliki sikap menepati janji sehingga dapat dipercaya, patuh terhadap peraturan dan tunduk pada pengawasan.

“Cakap yaitu Anggota Resimen Mahasiswa memiliki kemampuan dan kepandaian untuk melakukan sesuatu secara benar sesuai peraturan dan hukum yang berlaku,” Tambah Agus.

lebih jauh Agus mengungkapkan, Kemudian Solutif yaitu Anggota Resimen Mahasiswa memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara cepat dan/atau jalan pintas, dan terakhir Tangguh yaitu Anggota Resimen Mahasiswa memiliki daya tahan untuk menghadapi kejadian yang menekan, tidak mudah stres, sehingga sehat secara fisik dan mental.

Dari visi di atas, Sambung Agus, saya menentapkapkan empat misi.

“Misinya yaitu pertama, Mewujudkan Anggota Resimen Mahasiswa Mahabanten yang menjiwai semboyan Widya Castrena Dharma Siddha dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua, Menyiapkan kader bela negara sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara. Ketiga, Menyiapkan sumber daya yang tangguh dalam perlindungan masyarakat, khususnya bidang penanggulangan bencana. Terakhir keempat, Mewujudkan sinergitas seluruh komponen masyarakat dalam pengembangan dan peran serta Resimen Mahasiswa Mahabanten,” tegas Agus.

Agus menegaskan, bahwa anggota Resimen Mahasiswa Mahabanten harus terlibat dalam bidang perlindungan masyarakat, sesuai perannya sebagaimana tertuang dalam keputusan bersama tiga menteri.

“Sinergitas dengan Satuan Polisi Pamong Praja dapat diwujudkan berupa Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat dimana anggota Menwa ada di dalamnya,” Tandasnya.

Senada dengan Kasatpol PP, Hikmat Kurniawan selaku Komandan Satuan Tugas Rakomda VI menambahkan, Sesuai tema Rakomda VI, MENWA ke depan harus lebih loyal, total dan komitmen.

“Mari kita bersama-sama membangun menwa sesuai Visi dan Misi yang sudah diutarakan Danmen terpilih,” Pungkasnya.

Sebagaimana informasi, acara Rakomda VI MENWA Mahabanten dihadiri oleh Hasan Basri Wakil Danmenwa Mahabanten dan Massaputro Delly TP. Kepala Staf Komenwa Mahabanten masa bakti 2017-2020.

Sejatinya Rakomda harus dilaksanakan pada tahun 2020, mengingat wabah pandemi virus corona baru dapat dilaksanakan pada 2021.(Red)