Jakarta, opini – Komjen Boy Rafli Amar yang merupakan salah satu cucu dari seorang sastrawan Indonesia asal minang yakni Aman Datuk Madjoindo ini merupakan salah satu putra terbaik dari kepolisian, pada tanggal 29 November 2013 beliau diangkat sebagai kepala kaum suku koto, nagari Koto Gadang, Agam, dengan gelar Datuak Rangkayo Basa. Beliau meniti karir di kepolisian di awali dengan menempuh pendidikan di AKABRI dan dinyatakan lulus pada tahun 1988.

“Pria kelahiran Jakarta 25 Maret 1965 ini merupakan seorang anak dari keturunan Minang ini, dimana ayahnya berasal dari kota solok ( sumbar ) dan ibunya kota gadang , Agam Sumatra Barat. Beliau dinyatakan lulus dari AKABRI dengan pangkat Inspektu DuaPolisi ( Ipda Polisi ) dan tak lama berselang beliau mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Isnpektur satu ( Iptu ) pada tahun 1991,” tegas Sahril Ramadhan Sekretaris jenderal.

Setelah dinyatakan lulus dari AKABRI pada tahun 1988 kemudian beliau terus melanjutkan karir pendidikan kepolisiannya baik di PTIK, SESPIM, SESPEMTIdan LEMHANAS PPSA. Tidak heran jika melihat dari rekam jejak pendidiknanya beliau akhirnya berhasil menorehkan beberapa prestasi dintara sempat menjabat sebagai Kapolda di beberapa wilayah diIndonesia seperti Kapolda Banten maupun Kapolda Papua dan Wakil kepal lembaga pendidikan dan pelatihan Polri sedangkan saat ini beliau menjabat sebagai kepala BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme).

Pada tahun 1999 beliau mendapkan pangkat menjadi komisaris ( melati satu ) di pundaknya, dengan segudang prestasi itu pada tahun yang sama beliau di tugaskan kedaerah konflik yakni Bosnia dengan mengemban tugas menjadi wakil Komandan Kontingen Garuda XIV. Tegas

“Dengan sisa masa jabatan Kapolri saat ini bursa pencalonan Kapolri belakangan ini mengadang – gadangkan tiga nama terkuat yang masuk dalam bursa pencalon kapolri salah satunya ialah Boy Rafli Amar, dengan pencapaian beliau sampai saat ini sudah selayaknya beliau menjadi salah satu calon yang sangat diperhitungkan dalam bursa pencalonan Kapolri berikutnya,” ungkapnya.