Pemuda Katolik: Cigugur Titik Nol Toleransi di Jawa Barat

Related

Share

Kuningan – Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat sambangi Gereja Kristus Raja di Jalan Rumah Sakit No.7, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. (29/05)

Cigugur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kuningan yang juga berpusat pada wisata, budaya dan religi. Kerukunan umat beragama melalui penanaman nilai-nilai kebhinekaan nampak pada kerjasama masyarakat, organisasi, dan lintas iman yang berkebudayaan.

Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat, Edi Silaban dalam audiensinya menyampaikan penduduk Cigugur yang bermukim merupakan kekayaan milik Indonesia yang mesti dirawat. “Cigugur menjadi contoh baik sebagai ‘Titik Nol Toleransi’. Kultur lintas iman dan penganut kepercayaan ada dan hidup bersama disini” terang Edi.

Sejak dahulu Cigugur, lanjut Edi, sudah dikenal sebagai pintu gerbang keragaman hidupnya toleransi. Baginya, kerukunan dan gotong royong adalah keunikan tersendiri sehingga masyarakat Cigugur tak mudah di cerai-berai oleh berbagai kepentingan.

Pastor Paroki Cigugur, Romo Andreas Dedi, OSC menyambut baik perjumpaan bersama Pemuda Katolik Komda Jabar dan menyampaikan bahwa “Yang terpenting kita membangun relasi secara tulus satu dengan yang lain. Jadi dalam keseharian tidak hanya di event tertentu, hubungan dan kebersamaan itu terus dijalin. Ini sebenarnya yang menjadi titik kuat masyarakat Cigugur” tandasnya.

Pastor Dedi berpendapat bahwa salah satu faktor yang dilakukan pihaknya adalah menjalin relasi yang luas dalam berbagai hal dan mencoba memperkenalkan diri agar masyarakat dapat memahami dan mengenal satu dengan yang lain.

“Secara umum masyarakat merespons secara baik. Termasuk upaya hadir dalam setiap pertemuan dengan para tokoh pemerintahan dan tokoh masyarakat yang juga diupayakan semaksimal mungkin” tambahnya.

Terakhir, Pastor Dedi mendorong keberadaan OMK dan Pemuda Katolik dapat terus belajar berinteraksi, belajar bertoleransi, mengasah kepekaan diri dan kehalusan budi untuk menjadi bekal dalam menjalani perjalanan hidup.

Dalam pertemuan, Pemuda Katolik Jabar menyerahkan secara simbolik Buku Ketetapan Kongres Pemuda Katolik 2018 dan membahas banyak hal mulai dari situasi kekinian Kabupaten Kuningan, dinamika masyarakat di Cigugur termasuk Pemuda Katolik siap bersinergi dalam pembentukan cabang di Kabupaten Kuningan.