JAKARTA- Pengurus Besar (PB) IKAMI Sulsel melakukan kunjungan silaturahmi ke salah satu tokoh nasional asal Sulsel, Andi Alfian Mallareng. Silaturahmi digelar di kediaman eks Menpora era SBY tersebut.

Alfian menyambut hangat rombongan PB IKAMI di kediamannya di kawasan Suralaya, Jakarta Timur. Alfian menuturkan IKAMI Sulsel
mengambil peran untuk kemajuan bangsa. Kata dia, peran tersebut dapat diambil jika segenap pengurus mampu meningkatkan kualitas diri salah satunya melalui proses dalam organisasi.

“Generasi muda harus mampu memberikan kontribusi baik dari segi pemikiran, ide, gagasan, hingga tindakan. Sudah saatnya bangsa ini bangkit lewat pemikiran dan kontribusi tindakan dari para pemuda. Peran pemuda sebagai control and balance terhadap pemerintahan juga menjadi aspek penting dalam suatu negara demokrasi,” ujarnya.

Alfian juga menyinggung mulainya ada kesan identitas Sulsel redup di kalangan anak muda. Termasuk budaya dan sebagainya. Nilai-nilai lokal ini mestinya bisa dijaga. Termasuk soal makanan seperti sukun goreng khas Sulsel yang disajikan kepada jajaran PB IKAMi yang bertamu.

“Banyak putra-putri keturunan Sulawesi Selatan di luar Sulsel yang lupa dengan bahasa daerah namun cita rasa hidangan khas Sulawesi Selatan mestinya harus selalu melekat. Dimana pun kita berada dan dapat diturunkan melalui generasi perempuan. Makanan khas daerah juga bisa diperkenalkan dan membawa eksistensi daerah baik di tingkat nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Sekjen PB IKAMI Sulsel, Darwis E. Bulan, menuturkan memang kedepan, IKAMI Sulsel diharap dapat bersinergi dengan berbagai elemen bangsa. Apalagi cabang IKAMI Sulsel sudah ada hampir di seluruh provinsi. Sehingga untuk pengawalan demokrasi, IKAMI Sulsel mampu ikut berperan dari tataran pusat hingga daerah.