Jakarta – Mahasiswa kesulitan mengakses sejak server ujian akhir semester Universitas Terbuka yang dikabarkan akan dibuka jam 00.00. Padahal, Sabtu (5/12/2020) ini adalah Take Home Exam perdana di Universitas tersebut.

Tak sedikit, mahasiswa mengeluh di Telegram resmi Universitas Terbuka. Salah satunya @Yasin yang merupakan mahasiswa Universitas Terbuka mengeluhkan kesulitan untuk mengakses server.

“Log-in aja ga bisa min. Gimana bisa upload,” kicau akun tersebut. Senada, @Herman Febrian juga sambat soal server down.


“Pagi2 uda badmood. Buka webnya aja uda putus aja, muter2 doank, padahal speedtest aman. webnya down,” tandas mahasiswa Hukum UT itu. Tegas Yasin
sabtu (05/12/2020)

Take Home Exam (THE) yang diprakarsai Universitas Terbuka secara perdana ini memakai sistem unggah jawaban. Mahasiswa bisa mengunduh soal di server ujian the.ut.ac.id.

Dan di dalam situs itu, juga ada lembar pernyataan akademik. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam Take Home Exam Universitas Terbuka harus mengunggah jawaban UAS 6 jam setelah mengunduh pertanyaan tadi, jika tidak nilainya akan kosong.

“Selamat pagi mahasiswa UT. Sehubungan dengan adanya kendala teknis pada Aplikasi Take Home Exam (THE) pada laman the.ut.ac.id, terdapat perpanjangan waktu THE Ujian I.1,” kicau akun @UnivTerbuka.

Meski demikian, sampai sekarang, website tersebut belum bisa diakses. Telgram UT akhirnya penuh keluhan mahasiswa.
@Yasin menyebut sampai sekarang THE UT tidak bisa terakses. Tegas Yasin

“Saya sudah berkali-kali mebuka website The.ac.ut.id masih belum bisa min. Kalau sampe 24 jam gabisa gimana min? saya tunggu dari jam 2 pagi sampe skrg belum bisa2,” kicaunya.

“Mudah-mudahan Buat Pejabat UT kasih kebijakan untuk segera kasih tugas aja kan gampang Tandas Yasin Mahasiswa Hukum UT Sampai sekarang, mahasiswa UT se-Indonesia belum bisa mengakses UAS-nya. Belum ada keterangan resmi dari pejabat Universitas Terbuka.” tutupnya.